Apakah Kista bisa Menghambat Program Hamil?

Artikel - Metro Hospitals Group

5 April 2024 pukul 11.38 WIB

Apakah Kista bisa Menghambat Program Hamil?

Beberapa kondisi pada tubuh wanita dapat menghalangi terjadinya kehamilan. Perencanaan kehamilan yang dibuat bisa jadi tak sesuai dengan perkiraan. Banyak yang mengatakan bahwa kista ovarium dapat menjadi penyebab wanita sulit hamil. Padahal, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Jadi, untuk mengetahui apakah kista yang diidap menghambat program hamil atau tidak, sebaiknya diperiksakan ke dokter terlebih dahulu agar diketahui apakah jenis kista yang di idap dapat menghambat program hambil atau tidak.

Ada jenis kista yang tidak berpengaruh pada kesuburan wanita, meski berada di ovarium, sehingga masih ada kemungkinan bisa hamil, apa saja jenis nya, berikut penjelasannya:
1. Kista Fungsional
Kista fungsional seperti kista folikel dan corpus luteum, adalah salah satu jenis kista ovarium yang paling umum. Kista fungsional terbentuk pada saat siklus menstruasi normal. Keberadaan kista ini tidak memiliki pengaruh tertentu pada kesuburan wanita. Uniknya, keberadaan kista fungsional justru menunjukkan bahwa wanita sedang dalam masa subur. Selain itu, sebagian besar kista ini pun dapat hilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus.

2. Kistadenoma
Kistadenoma adalah jenis kista yang muncul dari permukaan ovarium. Sebagian besar penderita kistadenoma membutuhkan penanganan medis khusus untuk menghilangkan kista ini. Namun, Anda tak perlu khawatir, kistadenoma juga tidak memengaruhi kesuburan wanita. Dengan demikian, Anda masih memiliki peluang untuk bisa hamil meski memiliki jenis kista ovarium ini.

3. Kista Dermoid
Berbeda dengan jenis kista lainnya, kista dermoid mengandung jaringan, seperti kulit, rambut, atau gigi, dan bukannya cairan. Meski demikian, sama seperti kedua jenis kista di atas, kista dermoid pun tidak memengaruhi kesuburan sehingga Anda masih bisa berpeluang untuk hamil.

Di sisi lain, ada beberapa jenis kista yang justru harus lebih diperhatikan karena bisa membuat sulit hamil atau menghambat program hamil. Bahkan, beberapa jenis kista ini mengharuskan untuk menjalani operasi kista ovarium hingga pengangkatan rahim.

Lalu, apa saja kista yang bisa menjadi penyebab sulit hamil atau menghambat program hamil? Berikut penjelasannya:
1. Endometrioma
Endometrioma adalah kista yang terbentuk akibat endometriosis. Endometriosis adalah kondisi ketika jaringan yang mirip dengan lapisan rahim (endometrium) tumbuh di luar rahim, seperti ovarium. Sayangnya, endometrioma bisa memengaruhi kesuburan wanita. Melansir Penn Medicine, sekitar 30-40% wanita dengan endometriosis mengalami masalah infertilitas. Oleh karena itu, perlu berkonsultasi kepada dokter untuk mengetahui peluang memperoleh kehamilan jika memiliki jenis kista ini.

2. Kista akibat sindrom ovarium polikistik (PCOS)
Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan banyaknya kista kecil yang tumbuh pada ovarium, periode menstruasi yang tidak teratur, dan meningkatnya kadar hormon tertentu. PCOS dapat membuat sulit hamil karena terkait dengan ovulasi yang tidak teratur sehingga menyebabkan masalah kesuburan pada beberapa wanita.

Kesimpulannya:
Tidak semua kista ovarium bisa menjadi penyebab wanita sulit hamil atau menghambat program hamil. Pasalnya, ada beberapa jenis kista yang tidak akan memengaruhi kesuburan. Namun, ada juga kista yang dapat menyebabkan wanita sulit hamil atau menghambat program hamil, maka dari itu perlu untuk mengecek kondisi kesehatan rahim dengan tindakan USG dan konsultasi ke dokter.

Artikel Terkait