Mengenal Apa itu Cantengan

Artikel - Metro Hospitals Group

30 April 2024 pukul 15.14 WIB

Mengenal Apa itu Cantengan

Cantengan atau Ingrown toenail merupakan salah satu jenis masalah kulit akibat bagian tepi kuku kaki atau kuku tangan menancap ke kulit sehingga menyebabkan kulit dan jaringan bawahnya mengalami infeksi atau radang. Cantengan biasanya ditandai dengan nyeri, bengkak, dan kemerahan di area kuku yang terkena, biasanya pada jempol kaki.

Penyebab Cantengan
Cantengan bisa terjadi karena berbagai faktor, seperti:
1. Kesalahan saat Memotong Kuku
Hal ini akan membuat kulit bagian samping menutupi sudut kuku sehingga kuku tumbuh ke dalam kulit dan mengakibatkan cantengan.

2. Cedera Kuku
Misalnya karena terhimpit pintu atau tertimpa benda berat, bisa menjadi salah satu penyebab cantengan. Hal ini akan membuat kuku menghitam, patah, dan akhirnya tumbuh ke dalam daging.

3. Memakai Alas Kaki Terlalu Sempit
Pemakaian alas kaki yang sempit dapat menekan kulit disekitar kuku dan memicu pertumbuhan kuku ke arah yang salah, seperti tumbuh ke dalam daging sehingga menyebabkan cantengan. Hal ini juga berlaku pada pemakaian kaos kaki atau stocking yang terlalu ketat.

Cara Mengobati Cantengan

Pada dasarnya cantengan akan sembuh sendiri seiring waktu meski tanpa pengobatan khusus. Meski begitu, cantengan tetap memerlukan perawatan dengan baik untuk meringankan gejala nyeri dan pembengkakan serta mencegah timbulnya komplikasi.

Pada cantengan ringan, perawatan dapat dilakukan secara mandiri di rumah, seperti:

1. Mengonsumsi obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter. Potong kuku secukupnya, hindari memotong bagian lengkungan kuku.

2. Menggunakan sepatu yang sesuai ukuran kaki, tidak kebesaran maupun kekecilan.

3. Mengoleskan salep antibiotik di area yang terasa sakit. Merendam kaki di air hangat selama 15-20 menit.

Namun, pada kasus cantengan yang parah, dokter spesialis kulit biasanya akan menyarankan penderita untuk melakukan tindakan operasi kuku.