Fakta atau Mitos: Sering Mandi Malam Bikin Rematik?

Artikel - Metro Hospitals Group

26 Januari 2024 pukul 09.32 WIB

Fakta atau Mitos: Sering Mandi Malam Bikin Rematik?

MITOS
Rematik dalam istilah medis disebut rheumatoid arthritis, adalah peradangan pada sendi yang ditandai dengan rasa sakit, bengkak, serta kaku. Kondisi ini biasanya menyerang jari tangan, pergelangan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Jadi, terjadinya rematik bukan karena mandi malam tetapi peradangan pada sendi.

Meski bukanlah penyebab terjadinya rematik, sebaiknya menghindari mandi malam menggunakan air dingin jika memang menderita rematik. Sebab, suhu air yang dingin dapat menyebabkan sendi yang sudah terkena rematik terasa nyeri dan mengalami kekakuan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa mandi malam bukanlah penyebab rematik, melainkan faktor yang dapat memperparah keluhan rematik.

Cara Mencegah Rematik

Menjalani gaya hidup sehat, dapat mencegah terjadinya rematik. Beberapa gaya hidup sehat yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Menjaga berat badan ideal

Ketika memiliki berat badan berlebih, sendi pada lutut memikul beban yang lebih besar. Lama-kelamaan, beban ini akan menekan bantalan antartulang dan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan tulang rawan, sehingga menyebabkan nyeri.

2. Rutin olahraga

Rutin berolahraga adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga berat badan ideal sekaligus mencegah rematik. Saat melakukan olahraga, sendi dan tulang akan terlatih serta menjadi lebih kuat.

3. Kelola stres dengan bijak

Ketika stres, terjadi pelepasan sitokin di dalam tubuh yang memicu peradangan pada sendi. Kondisi ini akan ditandai dengan nyeri sendi. Stres memang tidak bisa dihindari, tetapi bisa dikelola dengan bijak untuk mencegah terjadinya rematik.

4. Jangan merokok

Zat-zat kimia di dalam rokok diketahui menyebabkan peradangan pada sinovium atau jaringan yang melapisi persendian. Kebiasaan merokok inilah yang menyebabkan peradangan dan terjadinya rematik.

5. Mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dan vitamin D, mengurangi konsumsi gula, garam, maupun minuman bersoda, serta tidak minum minuman beralkohol.