Fakta atau Mitos: Suka Makanan Pedes Bikin Sakit Usus Buntu?

Artikel - Metro Hospitals Group

25 Januari 2024 pukul 16.27 WIB

Fakta atau Mitos: Suka Makanan Pedes Bikin Sakit Usus Buntu?

MITOS
Penyebab penyakit usus buntu bukanlah makanan pedas. Penyebab usus buntu adalah tersangkutnya makanan atau kotoran di pembukaan ringga dekat usus buntu. Penyakit usus buntu juga dapat berkembang sebagai akibat dari infeksi lain seperti virus gastrointestinal.

Makanan pedas memang bisa memicu penyumbatan di usus buntu. Namun, hal ini terjadi bukan karena sensasi pedas yang dihasilkan dari makanan tersebut. Makanan pedas hanya bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sakit perut, di mana gejala tersebut juga mirip dengan penyakit usus buntu.

Bahaya Penyakit Usus Buntu

Penyakit usus buntu yang tidak segera diatasi bisa mengakibatkan beberapa komplikasi, berupa pecahnya apendiks dan terbentuknya kantung nanah di perut. Pecahnya apendiks bisa menyebarkan infeksi ke seluruh sistem pencernaan.

Kondisi ini memerlukan pembedahan segera untuk mengangkat usus buntu dan membersihkan rongga perut Anda karena bisa membahayakan jiwa. Sementara itu, terbentuknya kantung nanah juga bisa memicu berbagai gejala seperti demam, mual, dan muntah. Jika usus buntu pecah, maka akan terbentuk kantong infeksi (abses). Penyakit ini tidak akan hilang dengan sendirinya dan memerlukan perawatan medis. Jika merasa rentan terhadap gangguan pencernaan yang menyakitkan setelah mengonsumsi makanan pedas, lebih baik batasi konsumsi cabai.