Mengenal Gigi Bungsu

Artikel - Metro Hospitals Group

27 Februari 2024 pukul 12.07 WIB

Mengenal Gigi Bungsu

Dikatakan gigi bungsu karena jenis gigi ini yang paling terakhir muncul (tumbuh) dan letaknya di bagian belakang mulut.

Kapan gigi bungsu tumbuh?
Setiap orang bisa berbeda-beda, umumnya antara usia 17 hingga 25 tahun dan ketika gigi bungsu tumbuh biasanya ditandai dengan rasa sakit di bagian belakang geraham, bengkak dan kemerahan pada gusi belakang, atau gigi terjebak di dalam gusi.

Mengapa Gigi Bungsu Tumbuh saat Dewasa?
Pada umunya orang dewasa memiliki jumlah gigi maksimal 32, termasuk gigi bungsu. Namun, tak semua gigi langsung muncul saat masih anak-anak. Salah satunya yaitu gigi bungsu, bisa muncul di usia antara 17-25 tahun, atau bahkan lebih dari itu. Mengapa demikian?

Karena tidak ada cukup ruang di rahang saat masih kanak-kanak. Lalu, saat anak-anak bertumbuh, bagian rahang anak juga bertumbuh memberikan ruang untuk gigi bungsu tumbuh.

Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut?
Sebenarnya bisa iya, bisa juga tidak. Nah, untuk mendapatkan jawaban pastinya, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, sebab diperlukan serangkaian pemeriksaan guna menentukan bagaimana kondisi si gigi bungsu.

Apabila pengobatan dan perawatan biasa tidak dapat meredakan masalah pada si gigi bungsu, maka pilihan terakhirnya adalah gigi bungsu harus dicabut. Biasanya ini ditandai jika gigi sudah terinfeksi, merusak gigi sebelahnya, hingga menimbulkan nyeri.