Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

Artikel - Metro Hospitals Group

7 November 2023 pukul 10.16 WIB

Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini
Beberapa hal yang perlu diketahui dalam pertumbuhan dan perkembangan gigi anak yaitu email gigi anak sangat rentan terhadap kerusakan karena tidak sekuat email pada gigi dewasa. Gigi pertama pada bayi biasanya muncul pada usia 6-8 bulan , gigi anak akan terus tumbuh sampai ia berusia 3 tahun dan berjumlah 20 buah.

Fungsi gigi susu adalah:
- Membantu kelancaran pertumbuhan gigi permanen. Menjaga kesehatan gigi susu sangat penting karena akan memberikan ruang kepada gigi permanen yang akan tumbuh dibawahnya.
- Membantu proses pengunyahan pada anak sehingga kebutuhan akan nutrisi pada anak dapat terpenuhi dalam masa tumbuh kembangnya.
- Gigi susu juga berpengaruh pada perkembangan wajah dan otot rahang.
- Menjaga rasa percaya diri pada anak. Gigi yang bersih dan tidak berlubang akan membuat penampilan anak semakin menarik.
Dengan fungsi yang sangat penting tersebut, kita perlu menjaga kesehatan gigi anak sejak dini.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi pada Anak
1. Bersihkan gigi dan gusi anak saat gigi pertamanya tumbuh. Tidak hanya membersihkan sisa makanan dan bakteri, namun juga membantu menciptakan kebiasaan menyikat gigi pada pagi dan malam hari untuk anak.

2. Bersihkan gigi dan gusi pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur, gunakan kassa basah atau sikat gigi yang berbulu lembut.

3. Hindari kebiasaan memberikan minum susu atau minuman manis pada anak menjelang tidur menggunakan dot karena akan menyebabkan gigi berlubang.

4. Batasi pemberian jus pada anak. Memberikan jus buah pada anak memang baik. Namun, ternyata jus juga dapat memicu kerusakan gigi jika dikonsumsi secara berlebihan. Terlebih jika ditambahkan dengan bahan-bahan pemanis buatan. Batasi konsumsi jus pada anak untuk tidak lebih dari 400 ml per hari.

5. Beri anak penghargaan. Apabila Si Kecil menunjukan sikap sudah terbiasa untuk merawat gigi, tidak ada salahnya jika diberikan sedikit penghargaan kepadanya. Misal, berikan anak cemilan sehat yang sudah pasti ia sukai.

6. Periksalah secara rutin dan berkala ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Kapan Sebaiknya Anak diajak ke Dokter Gigi?
Sejak dini sebaiknya anak diajak berkunjung ke dokter gigi, menurut Stanford Children Health, kunjungan dokter gigi pertama direkomendasikan pada usia 12 bulan atau dalam 6 bulan sejak gigi pertama tumbuh. Kunjungan pertama biasanya memakan waktu tidak lebih dari 30 – 45 menit. Kunjungan mungkin termasuk pemeriksaan gigi, rahang, gusi, dan jaringan lain yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan gigi anak.