Mitos Tentang Hal yang Membatalkan Puasa

Artikel - Metro Hospitals Group

19 Maret 2024 pukul 10.26 WIB

Mitos Tentang Hal yang Membatalkan Puasa

Apa saja mitos yang beredar terkait hal yang membatalkan puasa?
1. Hanya Makanan dan Minuman yang Membatalkan Puasa
Faktanya tidak demikian. Berpuasa tidak hanya berarti menahan lapar dan haus. Bukan hanya memasukkan makanan atau minuman ke dalam mulut yang akan membatalkan puasa. Nyatanya, menggunakan mulut untuk menyumpah, marah, atau sekadar bergosip juga merupakan hal yang membatalkan puasa.

2. Sikat Gigi Membatalkan Puasa
Ada yang menyebut bahwa sikat gigi bisa membatalkan puasa karena aroma dan rasa dari pasta gigi yang digunakan. Namun, sejauh ini menyikat gigi disebut tidak membatalkan puasa. Meski begitu, ada baiknya untuk berhati-hati dalam menyikat gigi saat puasa, misalnya dengan memilih pasta gigi yang lebih lembut dan pilih waktu terbaik untuk menyikat gigi.

3. Menelan Ludah Membatalkan Puasa
Katanya, menelan air ludah atau air liur bisa membatalkan puasa. Hal ini juga tidak terbukti benar. Menelan ludah adalah hal yang alami dan bisa terjadi kapan saja serta tidak membatalkan puasa.

4. Minum Obat Membatalkan Puasa
Apakah minum obat akan membatalkan puasa? Jawabannya iya. Maka dari itu, konsumsi obat harus dilakukan sebelum atau setelah berpuasa. Penting untuk melakukan penyesuaian waktu konsumsi obat. Namun, satu hal yang paling penting dan harus diperhatikan jika memiliki kondisi kesehatan tertentu, yaitu apakah tubuh cukup sehat dan bisa ikut menjalani puasa?

Bagaimana pun, memaksakan diri untuk ikut berpuasa malah bisa memicu kondisi yang lebih buruk. Nyatanya, dalam agama Islam, ada beberapa kondisi yang diperbolehkan untuk tidak mengikuti ibadah puasa Ramadan, salah satunya mengalami sakit. Jika mau mencoba menjalani puasa saat sakit atau ada riwayat penyakit tertentu, pastikan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat membatalkan puasa.