Mengenal Apa Itu Katarak

Artikel - Metro Hospitals Group

26 Januari 2024 pukul 14.40 WIB

Mengenal Apa Itu Katarak

Lensa mata yang normal mampu meneruskan cahaya untuk tembus dari kornea sampai ke retina, sehingga dapat melihat objek secara jelas. Komponen lensa mata terbesar yaitu air dan protein, karena beberapa hal protein ini dapat mengeras sehingga menghalangi cahaya yang masuk. Akibatnya adalah pandangan menjadi kabur, silau atau ganda.

Kondisi medis seperti inilah yang disebut dengan Katarak dimana lensa mata yang biasanya jernih menjadi keruh sehingga menghalangi cahaya masuk ke dalam mata. Apabila dibiarkan, katarak akan menyebabkan penderitanya mengalami kebutaan secara permanen.

Mengapa Katarak Dapat Terjadi?
Kekeruhan pada lensa mata terjadi karena proses penuaan alami. Inilah yang menjadi alasan mengapa katarak seringkali dikaitkan dengan penyakit orang tua.

Meskipun identik dengan penyakit para lansia, bukan berarti katarak tidak dapat menyerang orang usia muda.

Katarak dapat disebabkan oleh beberapa faktor risiko seperti:

- Trauma mata

- Efek samping obat

- Minus mata yang tinggi

- Faktor bawaan lahir (genetik)

- Penyakit diabetes

Apakah Katarak Dapat Disembuhkan?
Mengingat katarak adalah penyakit degeneratif terkait usia, sehingga sebagian besar orang yang sudah memasuki usia tua akan mengalami katarak.

Hingga saat ini tidak ada pengobatan katarak yang terbukti efektif, selain operasi. Pengobatan katarak melibatkan operasi pengangkatan lensa yang keruh dan menggantinya dengan lensa intraokular (IOL: intra ocular lens) agar pasien dapat melihat kembali secara jelas.

Jenis operasi katarak secara umum dibagi menjadi dua:
1. Extracapsular Cataract Extraction (ECCE)

Operasi sayatan manual sekitar 10-12mm untuk mengeluarkan lensa yang keruh. Tindakan ini membutuhkan sekitar 4-6 jahitan dan membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih lama.
2. Phacoemulsification atau phaco

Operasi sayatan kecil (2-2,75mm) pada kornea. Operasi menggunakan mesin yang memancarkan ultrasonik untuk memecah lensa mata yang keruh dan menyedot keluar dari bola mata. Teknik ini secara umum memiliki waktu penyembuhan yang relatif singkat.